Kamis, 08 Desember 2011

SUN SOLARIS,LINUX,MAC OS DAN FREE BSD

Sun Solaris
Solaris adalah salah satu unix paling dikenal di dunia.Solaris dibuat oleh Sun Microsystem dan diresmikan pada tahun 1982.Solaris berjalan pada high end hardware yang dapat mendukung puluhan processor,GB RAM serta hardisk.ia banyak digunakan oleh plaatform enterprice seperti oracle.Solaris di desain untuk berjalan pada processor SPARC,yang diproduksi oleh SUN.Karena SUN mengontrol sendiri hardware dan software mereka dapat mengembangkan sisyem dengan fitur-fitur menarik seperti hot-swappable RAM,mainboard dan CPU.
Linux
Linux diberikan sistem operasi komputer bertipe Unix.Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama.seperti perangkat lunak terbuka dan sumber terbuka utama lainya,umumnya kode linux dapat dimodifikasi,digunakan dan didistribusikan oleh siapapun.
Nama linux berasal dari nama kernelnya(kernel linux)yang dibuat tahun 1991 oleh linus trovald.sistemnya,peralatan sistem dan pustaka umumnya berasal dari sistem operasi GNU yang diumumkan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman.kontribusi GNU adalah awal alternatif munculnya GNU/linux.
Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari machintosh operating system.Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat apple computer yang khusus komputer machintosh dan tidak kompatible dengan komputer berbasis IBM.
Mac OS X lebih cocok untuk mereka karena mempunyai desain yang sangat intuitif. Mereka dapat langsung menggunakannya tanpa harus banyak berpikir. Mac OS menyertakan banyak hal yang sebenarnya tidak diperlukan untuk menjalankan sebuah server internet, serta hanya dapat berjalan pada hardware Apple. Sehingga, untuk kerperluan server murah dan powerfull, Mac OS tidak direkomendasikan. Meskipun, anda tidak dapat melihat source code GUI interface Mac OS, anda tetap dapat melihat source code BSD yang ada didalamnya. Apple telah me-releasenya dengan nama kode Darwin.
 Free BSD
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT & T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan.FreeBSD merupakan sistem operasi mirip Unix yang (berlisensi) bebas. Pada tahun 1993 ketika pengembangan 386BSD dihentikan,lahirlah dua proyek baru : Net BSD, yang dikenal dapat dijalankan pada banyak jenis arsitektur,dan FreeBSD yang mendukung platform x86,amd64,ia64,sparc64 dan alpha. FreeBSD 6.0 dikenal dengan stabilitas,performa dan keamanannya,sehingga digunakan oleh banyak perusahaan oleh seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar